TOKO MITRA USAHA KITA-KITA

TMUK atau yang lebih dikenal sebagai Toko Mitra Usaha Kita-Kita merupakan sebuah kerjasama kemitraan berbentuk program modernisasi warung/ toko tradisional agar bisa menjadi sebuah toko modern dengan meliputi modernisasi interior atau penataan layout dagangan dan juga exterior toko sehingga memiliki penampilan standart minimarket.

Program TMUK ini adalah satu bentuk pembinaan terhadap warung/ toko tradisional meliputi pembinaan operasional, sumberdaya manusia & administrasi toko oleh Team TMUK dari LOTTE Grosir kepada pemilik warung/ mitra, dimana mitra focus pada manajemen toko & aktivitas penjualan sementara Lotte Grosir akan mendukung pada aktivitas penunjang penjualan sehingga mitra memperoleh kemudahan untuk tetap dapat mengelola tokonya secara mandiri.

Dukungan Lotte Grosir dimulai dari tahap :

  1. Pra pembukaan meliputi survey lokasi, kelayakan bisnis, desain layout,  planogram, rekomendasi barang
  2. Pembukaan TMUK meliputi supervisi setting toko, bantuan display barang, usulan program promosi
  3. Pelatihan & Pengawasan TMUK meliputi pelatihan pengawasan, pelaksanaan SOP operasional, laporan administrasi

 Manfaat bergabung dengan program TMUK:

  1. Nama toko menggunakan nama sendiri yg ditentukan oleh pemilik
  2. Gratis biaya bergabung & biaya bulanan
  3. Pasokan barang dagangan dengan harga kompetitif
  4. Program promosi yg berkesinambungan
  5. Kunjungan berkala dari tim TMUK Lotte Grosir
  6. Pelatihan rutin operasional toko modern
  7. Penggunaan software TMUK terintegrasi secara gratis

 Ada banyak sekali manfaat bergabung di TMUK yang di support oleh LOTTE Grosir ini, salah satunya ada toko yang dibina dalam TMUK ini adalah sepenuhnya milik Mitra (pemilik toko) dan bukan franchise.

Berikut ini perbedaan manfaat yang didapat ketika bergabung dengan TMUK dan dengan Toko Franchise :

  1. Apa sih program TMUK ini?

Adalah program modernisasi toko meliputi tampilan interior, exterior, layout, SOP, sistem IT & pasokan barang, dimana Bpk/ibu sebagai owner & operator toko sementara lotte sebagai pendukung bisnis toko Bpk/ibu terutama di sistem IT, operasional, administrasi & pasokan barang

  1. Berapa dana yg dibutuhkan untuk investasi awal?

Jawab: Investasi yg dibutuhkan untuk bergabung sekitar 77 juta sudah termasuk stok brg dagangan, dimana dana tersebut disediakan oleh mitra

  1. Apa saja yg saya peroleh dengan dana tersebut?

Jawab: Investasi tersebut biaya setting toko, rak gondola, perlengkapan, peralatan, training dan pinjaman software operasional

  1. Berapa lama kembali modal?

Jawab: Akan ditentukan setelah dilakukan studi kelayakan, tapi target kita kembali modal selambatnya dalam 24 bulan atau 2 tahun

  1. Siapa saja yg boleh bergabung menjadi mitra TMUK?

Jawab: Siapa pun yg telah menjadi customer Lotte Grosir baik perorangan, badan usaha, dan badan hukum

  1. Apakah bisa saya bergabung jika belum memiliki toko yg sdh beroperasi min 6 bln atau toko baru?

Jawab: Bisa, silahkan isi form lokasi agar lokasinya bisa kami survey terlebih dulu

  1. Apakah boleh menggunakan nama toko saya sendiri?

Jawab: Sangat bisa, dalam kerjasama ini memang nama mitra TMUK yg akan ditampilkan, Lotte Grosir bekerja sebagai support terhadap mitra TMUK

  1. Saya sdh memiliki toko dan ingin bergabung bagaimana caranya?

Jawab: Jika berminat :

  • Silahkan isi form pengajuan TMUK
  • Tim lotte akan melakukan survei lokasi Bpk/ibu
  • Tim Lotte akan menginformasikan hasil studi kelayakan ke mitra, sampai tahap ini Bpk/Ibu tidak keluar biaya apapun
  • Penandatanganan kesepakatan (MoU) + dp 5 juta (max 14 hari setelah MoU) oleh SGM & Mitra
  • Pelunasan investasi
  • Opening Toko
  1. Apakah ada standar rak tertentu utk bergabung? Bagaimana jika rak toko saya sudah sesuai atau lebih baik dibanding rak Lotte?

Jawab: Rak wajib menyesuaikan standar Lotte, jika sudah sesuai tidak perlu lagi investasi dirak

  1. Jika saya gabung TMUK apakah ada sales target & penalti jika tidak sampai target?

Jawab: TMUK ini adalah kemitraan, jadi tidak ada penalti jika tdk mencapai target

  1. Apa saja dukungan Lotte dalam kerjasama?

Jawab: Lotte Grosir memberikan support pra opening & kunjungan berkala dalam bimbingan operasionalnya

  1. Siapa yg merekrut dan training karyawan?

Jawab: karyawan di rekrut oleh mitra, Lotte akan membantu melakukan training karyawan sesuai dengan standart Lottemart

  1. berapa jumlah karyawan di toko?

Jawab: jumlah karyawan toko minimal 3 orang, bertambah jika omzet di toko semakin tinggi

  1. berapa gaji karyawan toko?

Jawab: Gaji karyawan ditentukan oleh mitra

  1. Promosi Lotte grosir apakah akan berlaku juga di toko TMUK?

Jawab: Khusus untuk promo Wow TMUK bersifat nasional maka setiap TMUK wajib ikut, jika dirasa kurang maka mitra diperbolehkan untuk melakukan promosi lokal

  1. Apa yg diperoleh Mitra dari kerjasama kemitraan ini? Bagaimana pembagian keuntungan antara mitra TMUK-Lotte?

Jawab: Selain tampilan toko & pengelolaan lebih modern, keuntungan hasil penjualan sepenuhnya 100% milik mitra TMUK

  1. Apa yg diperoleh Lotte dari kerjasama kemitraan ini?

Jawab: Dalam kerjasama ini lotte Grosir hanya support brg dagangan ke mitra TMUK, biaya delivery akan dibayarkan ke pihak delivery, sementara investasi fisik dapat dikerjakan sendiri oleh mitra TMUK

  1. Apakah ada biaya bulanan dari kerjasama ini?

Jawab: Tidak ada, yg ada hanya biaya logistik 2% itu adalah biaya untuk persiapan & pengantaran brg menggunakan container dan support kelengkapan logistik lainnya ke TMUK

  1. Berapa lama masa kerjasama kemitraan?

Jawab: Masa kerjasama selama 60 bulan / 5 tahun

  1. Apakah bisa dibantu pengurusan perijinan toko saya?

Jawab: Untuk pengurusan perijinan toko tanggung jawab dari pemilik, jika dibutuhkan kami akan membantu mencarikan jasa notaris untuk pengurusan perijinan tsb

  1. Apakah saya dapat mengerjakan/menyediakan sendiri renovasi/peralatan/perlengkapan toko saya?

Jawab: Mitra TMUK dipersilahkan untuk mengerjakan atau menyediakan sendiri renovasi atau peralatan & perlengkapan sesuai standar Lotte Grosir

  1. Toko saya sudah tergabung dengan SRC (Sampoerna Retail Community) apakah boleh bergabung TMUK?

Jawab: Boleh, Program SRC merupakan program yg lebih spesifik utk modernisasi toko terutama dalam penjualan rokok, TMUK dan SRC adalah program yg saling melengkapi.

  1. Apakah saya harus memiliki NPWP? Apakah saya ada kewajiban pajak setelah bergabung dengan program ini?

Jawab: Kerjasama ini merupakan program dukungan Lotte terhadap customer Lotte Grosir sehingga hanya melanjutkan sistem toko yg sudah dijalankan oleh pemilik/mitra TMUK

  1. Apakah ada perjanjian tertulis untuk kerjasama ini?

Jawab:

Kerjasama ini tertuang dalam Perjanjian Kerjasama (PKS) yg dilakukan secara bawah tangan (non notaris) utk masa kerjasama 5 tahun

  1. Apakah customer Warmod bisa mengikuti program TMUK?

Jawab: Utk customer Warmod diperbolehkan mengikuti program TMUK setelah masa kerjasama warmodnya berakhir

  1. Apa yg dimaksud rekening escrow untuk rekening operasional?

Jawab: Rekening Escrow adalah rekening giro berdasarkan kerjasama 2 pihak, dimana dalam kerjasama ini rekening escrow tsb dibuka atas nama pemilik/mitra TMUK namun lotte grosir diberikan kuasa penuh oleh pemilik untuk melakukan transaksi terkait operasional toko atas rekening escrow BRI tsb

  1. Saya merasa tidak aman untuk memberi kuasa ke Lotte utk mengelola rek escrow?

Jawab: Pada dasarnya rekening escrow ini dikelola oleh bank sehingga seluruh transaksi yg terjadi direkening tsb tentunya akan muncul di rekening koran,

  • Setiap pembayaran/transaksi yg terjadi direk escrow tsb harus mendapat persetujuan tertulis terlebih dulu oleh pemilik/mitra TMUK sebelum ditransaksikan oleh Lottemart
  • Pemilik/Mitra TMUK tidak dapat melakukan penarikan dana dari rekening tsb tanpa persetujuan dari Lotte Grosir
  • Pemilik/mitra TMUK dapat membandingkan rekening koran tsb dengan laporan keuangan yg dikeluarkan oleh Lotte untuk mengetahui setiap transaksi yg terjadi.
  1. Apakah saya terlibat langsung dalam operasional toko?

Jawab: setiap outlet dimiliki dan dioperasionalkan secara mandiri oleh mitra, namun untuk administrasinya akan dibantu oleh Lotte

  1. Jika saya bergabung, bagaimana dengan stok saya yg sudah ada?

Jawab: Stok yg sudah ada akan dimasukkan sebagai stok awal TMUK, namun setelah dilakukan proses stock taking/opname terlebih dahulu

  1. Apakah harga jual ditentukan Lotte Grosir?

Jawab: Lotte akan menyediakan Rekomendasi Harga Jual (RSP) sifatnya hanya panduan bagi mitra, RSP ditentukan dengan melihat harga kompetitor minimarket (Biru & Merah)

  1. Sehingga jika mitra memutuskan untuk menggunakan harga RSP maka margin yg diperoleh adalah sekitar 15%
  2. Apakah boleh jika saya tidak menggunakan harga rekomendasi jual dari Lotte?

Jawab: Mitra diperbolehkan untuk tidak menggunakan harga RSP Lotte, namun tentunya kami tidak dapat memastikan margin yg diperoleh mitra

 

  • Bolehkah saya ambil barang selain dari Lotte Grosir dan saya jual di TMUK?

Jawab: Dalam kerjasama ini pemilik diperbolehkan menjual 50 item andalan toko, item tsb tidak dijual di Lotte Grosir, teknisnya harus didaftarkan & disetujui dulu Lotte untuk item yg dijual lotte pemilik tidak diperbolehkan mengambil brg dari supplier lain krn akan berpengaruh terhadap inventory & laporan bulanannya

  • Bagaimana dengan pembelian barang dagangan dari Lottemart?

Jawab: Pembelian otomatis berdasarkan data di sistem toko (dimana akan diproses setelah ada persetujuan pemilik), dan brg akan lsg dikirim ke toko, inilah cara utama yg digunakan di TMUK

  • Apakah barang dagangan bisa di retur?

Jawab: Barang dagangan tidak bisa diretur, kecuali jika terdapat kerusakan brg pada saat pengiriman harus diretur saat itu juga dengan validasi dari supir delivery

  • Apakah ada support jika brg saya beli sesuai rekomendasi lotte expired di toko?

Jawab: Jika display first in first out (FIFO) dilakukan dengan benar, rutin melakukan kebersihan rak & SO akan dapat diketahui secara dini untuk item-item yg akan expired

  • Kapan saya akan terima keuntungan?

Jawab: Pertama kali akan dilakukan dibulan ke 4 (akumulasi 3 bulan, bayar dibulan ke 4), selanjutnya dilakukan setiap bulan

  • Bagaimana pembayaran biaya-biaya bulanan toko?

Jawab: Biaya bulanan terkait operasional toko akan dibayarkan via rekening escrow (rek Ops toko TMUK) dengan sistem reimbursment, mitra silahkan menyerahkan tagihan biaya listrik, telp, dll terkait operasional toko dan surat persetujuan utk melakukan pindah rekening ke Lotte, untuk kemudian dibayarkan lotte dari rek ops TMUK ke pihak terkait

  • Apakah ada minimum order untuk pengiriman brg?

Jawab: Ada, minimum Purchase Order (PO) TMUK yg akan diproses dan dikirim adalah 5juta

  • Bagaimana jika saya mau ambil sendiri brg saya, tidak usah diantar?

Jawab: Tidak bisa, hal ini karena sistem di store lotte adalah distribution centre yg terintegrasi dengan sistem diTMUK, sehingga menghilangkan kerepotan mitra input barang di sistem TMUK

  • Kenapa biaya antar 2% lebih mahal dibandingkan saya pakai pengiriman biasa? (untuk jarak dekat)

Jawab: Kebijakan biaya 2% ini flat utk semua TMUK baik dekat maupun jauh jarak dari Lotte, juga sudah termasuk layanan tambahan lain seperti pengiriman kembali brg retur, biaya bongkat muat, dll

  • Bagaimana jika saya tidak menyetorkan uang hasil penjualan sesuai dengan laporan sales?

Jawab: Akan mengakibatkan TMUK tidak bisa order & menghasilkan laporan administrasi yg tidak dapat dipertanggungjawabkan

  • Apakah pemilik boleh menyewakan rak gondola ke supplier?

Jawab: Dalam kerjasama ini hak untuk menyewakan rak gondola merupakan wewenang dari Lotte Grosir karena akan dilakukan pengelolaan secara terpusat, sehingga mitra TMUK tidak diperbolehkan untuk menyewakan ke supplier

  • Apakah pemilik boleh menyewakan area teras toko ke pihak lain?

Jawab: Wewenang area teras toko merupakan wewenang pemilik, sehingga mitra TMUK diperbolehkan menyewaakan teras toko MUK ke pihak lain

  • Apakah ada jaminan dari Lotte saya pasti untung? Bagaimana jika setelah bergabung dengan program ini saya rugi & bangkrut?

Jawab: Program TMUK tidak merubah pengelolaan oleh pemilik/mitra TMUK, sehingga Lotte tidak memberikan jaminan keuntungan, jika terjadi kerugian bahkan bangkrut merupakan resiko usaha dalam berbisnis

  • Apakah harga beli dari lottemart kompetitif dengan supplier?

Jawab: Harga yg diberikan dalam program ini merupakan harga yg diberikan untuk retailer/pedagang utk dapat menjual kembali brg dagangannya, tentunya harganya kompetitif sesuai dengan program-program promosi yg berjalan di lotte (contoh: kupon, bblm, dll)

  • Apakah bisa menggunakan tempo pembayaran?

Jawab: Tidak bisa

  • Bagaimana & siapa yg menangani pembukuan toko?

Jawab: Pembukuan toko dilakukan oleh pemilik dengan menginput pembayaran ke dalam sistem TMUK, Lotte akan membantu supervisi sehingga diperoleh laporan yg benar

  • Bagaimana jika dana saya tidak cukup tapi ingin bergabung?

Jawab: Jika dana kurang maka Lottemart akan memberikan rekomendasi mitra TMUK untuk mendapatkan pendanaan dari pihak perbankan (BRI & BNI) menggunakan KUR, atau via lembaga keuangan lainnya

  • Bagaimana cara melakukan setoran sales harian ke rek escrow?

Jawab: Setoran sales dilakukan dengan datang ke kantor BRI terdekat dengan mengisi form dan menyerahkan uang ke teller BRI atau bisa melalui atm setor tunai BRI

  • Bagaimana jika saya tidak punya rekening BRI?

Jawab: Utk kerjasama ini setiap mitra TMUK akan dibukakan rekening escrow baru di BRI, jenis rekeningnya adalah Rek Giro, sehingga tidak ada buku tabungan & tidak ada kartu ATM

  • Bagaimana jika ditengah masa kerjasama saya sudah tidak mau melanjutkan kerjasama?

Jawab: Jika kerjasama tidak berlanjut maka Lottemart akan menarik semua fasilitas terkait TMUK yg dipinjamkan lottemart seperti :

  1. Software
  2. Peralatan & perlengkapan (jika ada)
  3. Penutupan rekening escrow/operasional (BRI) dimana sebelumnya telah dilakukan pelunasan atas kewajiban pembelian barang ke lottemart
  4. Stok tetap milik mitra TMUK, kecuali yg belum dilakukan pelunasan ke Lotte

For More Info :

Diah Kenanga 0813 1818 9669 ( Jam kerja 08.00 – 17.00 WIB. )